Penyuluhan Pencegahan Penularan Covid-19 Dan Pemberian Bantuan

Lima orang dosen Kimia Unesa yaitu Samik, Titik Taufikurohmah, Pirim Setiarso, Maria Monica, Mirwa Adiprahara Anggarani telah melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa penyuluhan pencegahan penularan Covid-19 yang dilakukan kepada 25 warga terdampak di RT 08 RW 02 Kutisari Surabaya.

Penyuluhan ini dilakukan secara online melalui ZOOM dengan metode ceramah dan diskusi. Supaya lebih bermanfaat dan video penyuluhan tersebar ke orang lain, maka video penyuluhan dijadikan satu di play list Youtube dengan link https://s.id/PenyuluhanPencegahanCovid.

Keberhasilan PKM ini dievaluasi dari angket survey dan uji pemahaman peserta terhadap materi penyuluhan. Hasilnya mayoritas peserta penyuluhan setuju bahkan sangat setuju bahwa materi terorganisasi dengan baik dan mudah dimengerti serta memudahkan peserta untuk menerapkan cara mencegah tertular Covid-19 dan solusi ketahanan ekonomi dan pangan di tengah Wabah. 72% peserta setuju bahwa pemateri mempresentasikan isi materi dengan baik, mudah dimengerti dan diimplementasikan. Hasil nilai uji pemahaman peserta terhadap materi penyuluhan berkisar antara 60 sampai 100, dengan nilai rata-rata 89,2. Setelah penyuluhan peserta menerima bantuan berupa beras, madu, dan uang tunai.

Foto Pemberian bantuan kepada peserta penyuluhan

Leave a Comment