Pusat Halal Kementerian Agama Melibatkan Profesor Jurusan Kimia Unesa sebagai Wakil Ahli Bidang Kosmetik

Kosmetik menjadi kebutuhan yang menunjang penampilan tidak hanya kaum hawa, tetapi juga sudah mulai diminati oleh kaum adam. Polusi di daerah perkotaan yang menyebabkan kusam pada kulit, sebagai alasan utama perlu memanfaatkan perawatan kosmetik untuk menjaga kesehatan kulit.

Namun banyak produk kosmetik yang disalahgunakan oleh produsen. Bentuk penyalahgunaan yaitu penambahan merkuri sebagai bahan pemutih pada sabun wajah dan krim pagi/malam. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1175/Menkes/Per/VIII/2010 Tahun 2010 dan Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Nomor HK.03.1.23.08.11.07517 Tahun 2011, penggunaan merkuri sebagai bahan kosmetik dilarang di Indonesia.

Bahan kosmetik yang mengandung merkuri bersifat korosif dan karsinogenik. Korosif pada kulit menyebabkan penipisan lapisan kulit sehingga dapat berefek pada semakin tipisnya pelindung kulit dari radiasi UV-B yang berbahaya bagi kulit. Merkuri yang terakumulasi di dalam tubuh dapat menyebabkan pemicu terbentuknya sel kanker dan kerusakan jaringan sel syaraf dan organ lain dalam jangka waktu tertentu.

Kementerian Agama berinisiatif melibatkan Profesor jurusan kimia Unesa yang ahli dalam bidang kosmetik. Profesor Jurusan Kimia Unesa yaitu Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, M.Si. dilansir sebagai satu-satunya profesor yang ahli di bidang kosmetik di Indonesia dan diberikan kepercayaan mengemban sebagai wakil bidang ahli kosmetik. “Semoga kosmetik bermerkuri ditetapkan tidak halal agar Indonesia bebas kosmetik bermerkuri“, ujar Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, M.Si. Berikut kegiatan penyusunan roadmap standar halal yang dihadiri oleh Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, M.Si.:

Gambar. Kegiatan Penyusunan Roadmap Standar Halal

Dalam kesempatan tersebut Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, M.Si. juga menjelaskan panjang lebar terkait penelitian penggunaan nanomaterial emas (nanogold). Selanjutnya difatwakan (unduh fatwa MUI pdf) bahwa nanogold sebagai material kosmetik yang halal, bahkan bagi Pria. Nanogold berperan dalam meningkatkan proliferasi sel dan biosintesis kolagen sehingga regenerasi sel dan kolagen maksimal. Hal tersebut memicu pembentukan kulit baru dan proses pemutihan dari dalam kulit. Sehingga tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan produk kosmetik dengan kandungan nanogold termasuk KECE buatan Unesa bersama PT.Gizi Indonesia.

Gambar. KECE Produk Unggulan Skin Care Unesa berbahan Nanogold

Leave a Comment