SNK 2019 Meriah & Ilmiah

Alhamdulillah, telah terlaksana Seminar Nasional Kimia (SNK) pada hari sabtu, 05 Oktober 2019 di Jurusan Kimia UNESA dengan meriah sekaligus ilmiah. Acara seminar ini sangat meriah karena selain dimeriahkan dengan lantunan lagu yang merdu dari mahasiswa kimia UNESA, serta pemberian beasiswa dari Ikatan Alumni Kimia UNESA, juga dihadiri oleh 330 orang yang terdiri dari 3 pemakalah utama, 3 invited speaker dari UM, 69 pemakalah oral, 207 peserta dan sisanya panitia dari dosen, staff dan mahasiswa kimia UNESA.

Tiga orang pemakalah utama yang menyampaikan makalah ilmiahnya yaitu Prof. Dr. Didik Prasetyoko, M.Sc. dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (Pakar Material Katalis dan Energi / Div. Inorganic Chemistry), Prof. Dr. Suyanta, M.Si. dari Universitas Negeri Yogyakarta (Ketua Divisi Pendidikan Kimia HKI) dan Dr. Pirim Setiarso, M.Si. dari Universitas Negeri Surabaya (Pakar Elektrokimia dan Teknologi Membran). Prof Didik menyampaikan kajian ilmiahnya dengan judul zeolit dan material mesopori dari kaolin bangka sebagai katalis untuk produksi bahan bakar terbarukan. Prof. Suyanta memaparkan tentang peran kimia dan pembelajarannya untuk meningkatkan keterampilan abad 21 dalam era revolusi industri 4.0. Dr. Pirim menyampaikan kajian ilmiah tentang pembuatan elektroda kerja graphen oksida untuk analisis fenol secara voltammetri.

Setelah mengikuti kajian ilmiah dari ketiga pemakalah utama, dilanjutkan dengan pemaparan kajian ilmiah di delapan ruang sidang paralel, yang setiap ruang terdapat 8-11 pemakalah oral. Pemakalah dan peserta dari seminar ini berasal dari berbagai daerah yaitu Surabaya, Pamekasan, Jember, Malang, Medan, Ngawi, Kalimantan tengah, Sumbawa, Ternate, Ambon, dan Lombok.

SNK ini, dengan tema “Peranan Kimia dan Pembelajarannya untuk Meningkatkan Keterampilan Abad  21 di Era Revolusi Industri 4.0” terselenggara berkat bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu Ketua Panitia, Dr. Utiya Azizah, M.Pd. ketika sambutan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Rektor UNESA, Dekan FMIPA UNESA, Ketua Jurusan Kimia UNESA, Ketua Ikatan Alumni Kimia UNESA, para sponsor (BTN,  CV. Mutiara Bersaudara dan Nanogold Cosmetics) serta pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu, atas dukungan yang telah diberikan. Penghargaan yang setinggi-tingginya juga kami sampaikan kepada segenap panitia yang telah bekerja keras demi suksesnya kegiatan ini. 

Semoga dengan forum SNK ini akan selalu terjalin komunikasi ilmiah yang efektif antara para peneliti, pemerhati, dan pengguna hasil-hasil penelitian kimia dan pendidikan kimia. Aamiin

Foto-foto acara Seminar Nasional Kimia (SNK) 2019 di Jurusan Kimia UNESA dapat dilihat di bawah ini:

Penulis dan editor berita: Samik, S.Si., M.Si

Leave a Comment