PKKMB Kimia FMIPA 2019

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Kimia Unesa kembali digelar untuk menyambut mahasiswa baru tahun 2019. PKKMB Kimia FMIPA 2019 terintegrasi pelaksanaannya dengan PKKMB FMIPA. Ada yang berbeda dengan PKKMB FMIPA tahun ini. “Semangat kontribusi, wujudkan FMIPA Bersinergi” menjadi tema pelaksanaan sekaligus menjadi dasar cerminan kegiatan PKKMB kali ini.

ORIGA MIPA (Orientasi Keluarga MIPA) menjadi nama khas pelaksanaan PKKMB. Seluruh mahasiswa baru FMIPA dibekali semangat kebersamaan tanpa memandang asal jurusan sebagai salah satu cara mewujudkan FMIPA bersinergi. Salah satunya dengan menghimbau panitia maupun pemateri untuk tidakmemperkenalkan jurusannya. Harapannya, kesatuan FMIPA pada mahasiswa baru lebih kentara dibandingkan mengunggulkan jurusan masing-masing. Dengan demikian, seluruh mahasiswa baru FMIPA dapat berkontribusi penuh, baik di bidang akademik maupun non akademik, serta bersinergi antara 5 jurusan yang ada di FMIPA.

Dalam rangka mewujudkan FMIPA Kampus Konservasi, kegiatan Eco Campus menjadi salah satu hal yang ditekankan pada ORIGA MIPA. Pemberian materi dan wawasan Eco Campus menjadi agenda kuliah umum secara langsung oleh ketua Eco Campus: Dra. Winarsih, M.Kes. pada hari Rabu, 14 Agustus 2019.  Diadakan pada hari Kamis 15 Agustus 2019 pukul 7.30-10.00, implementasi kegiatan Eco Campus diikuti oleh lebih dari 700 mahasiswa baru FMIPA. Teknisnya, mahasiswa baru dibagi beberapa kelompok dengan penanggungjawab dan pemandu dari pihak Eco Campus untuk tiap kelompoknya. Kelompok-kelompok tersebut disebar ke beberapa zona di FMIPA. Zona 1 Jurusan Biologi, zona 2 Jurusan Kimia, zona 3 Jurusan Fisika, zona 4 Jurusan IPA, dan zona 5 Jurusan Matematika. Pada kegiatan ini pula mahasiswa baru dihimbau untuk membawa alat kebersihan sendiri. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa baru mendapatkan bekal dasar untuk menjaga lingkungan FMIPA tetap bersih dan memperkenalkan lebih dalam bahwa FMIPA merupakan kampus konservasi, serta sebagai penanaman jiwa konservasi pada mahasiswa baru 2019.

Mahasiswa Baru 2019 bangga FMIPA. Semangat bersinergi, wujudkan FMIPA Kampus Konservasi.

Leave a Comment