YUDISIUM ke 95 Kimia FMIPA UNESA


Alhamdulillah, rasa syukur, bangga, dan bahagia terpancar dari senyuman para yudisiawan dan yudisiawati Kimia FMIPA UNESA pada acara yudisium ke 95 atau periode II tahun 2019. Yudisium merupakan pengumuman nilai pada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah diambil mahawiswa dan penetapan nilai dalam transkip akademik, serta memutuskan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam jangka waktu tertentu. Yudisium sangat dinantikan oleh para mahasiswa, dosen dan tentunya juga orang tua mahasiswa yang bersangkutan.

Hari Kamis 11 Juli 2019, merupakan hari yang paling bersejarah bagi mahasiswa tersebut, karena setelah belajar sekian lama, akhirnya mereka bisa ikut acara yudisium dua kali yaitu pagi harinya di auditorium Profesor Slamet Dajono, D1 Lt 3 C60401  FMIPA Unesa (Universitas Negeri Surabaya) dan siang harinya (jam 13:00-selesai) di gedung C6 Jurusan Kimia Unesa. Prosesi yudisium di FMIPA dihadiri oleh Dekan FMIPA Prof. Dr. Madlazim, M.Si., para wakil dekan FMIPA, tamu undangan yakni Bapak Ibu pimpinan jurusan seluruh MIPA, dosen beserta staff pegawai di FMIPA Unesa, sedangkan yudisium di Jurusan Kimia UNESA dihadiri Ketua Jurusan Kimia, dosen beserta staff pegawai di FMIPA Unesa,

Acara yudisium di Jurusan Kimia UNESA diawali dengan pembukaan oleh MC lalu dilanjutkan dengan tarian yang dilakukan oleh mahasiswa kimia. Rangkaian acara berikutnya yaitu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Unesa dan Mars kimia yang dipandu oleh dirijen yang betugas. Prosesi menyanyikan lagu diikuti oleh seluruh peserta yudisium dan juga tamu undangan dengan khusyuk dan penuh dengan penghayatan. Rangkaian acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Sambutan pertama disampaikan oleh perwakilan panitia, Fadli Ridlo. Fadli mengucapkan permohonan maaf atas semua kesalahan baik yang sengaja atau tidak sengaja dan terima kasih sebesar besarnya kepada bapak ibu dosen, karena siapalah kami, tanpa bimbingan para dosen. Harapannya, yudisium ini menjadi kenangan termanis.

Sambutan kedua dari perwakilan yudisiawan yang disampaikan oleh Putri Novitasari, dari Pendidikan Kimia 2015. Ia menyampaikan rasa terimakasih kepada para dosen, orang tua, dan rekan-rekan seperjuangan. Yudisiawati tersebut berharap jurusan kimia UNESA terus mencetak lulusan terbaik.

Sambutan ketiga dari ketua jurusan kimia FMIPA Unesa, Dr. Sukarmin, M.Pd. Beliau bersyukur atas terlaksananya saat-saat yang ditunggu oleh mahasiswa. Semua pengalaman di kimia Unesa, sangat bermanfaat untuk kesuksesan selanjutnya baik di dunia kerja ataupun di masyarakat. Setelah lulus, secara ikatan batin tidak akan lepas karena kita adalah keluarga. Silahkan bergabung dengan ikatan alumni. Ilmu kimia adalah bekal kecil, bekal yg utama adalah bisa menghargai dan kerja sama. Semoga Allah memudahkan semua yudisiawan, baik yang mau menikah, bekerja maupun melanjutkan studinya.

Sambutan keempat dari perwakilan ikatan alumni kimia Unesa, Ibu Kusuma M.Pd. Beliau adalah alumni kimia yang saat ini menjadi dosen di kimia Unesa menyampaikan kimia tetap satu hati. Setelah ini, para lulusan berhubungan langsung dengan masyarakat. Para lulusan otomatis bergabung dengan IKA kimia yang sangat diharapkannya kontribusinya terutama untuk membantu beasiswa bagi mahasiswa yang belum lulus. Beasiswa ini diberikan selama satu tahun untuk menyelesaikan skripsinya. IKA kimia juga melaksanakan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan laboratorium. IKA kimia telah membuat kartu anggota yang bisa digunakan untuk e-toll maupun belanja serta sumbangan beasiswa. Semoga para lulusan bisa memberikan kontribusi yang banyak untuk kebaikan dan perkembangan kimia Unesa.

Acara yang paling dinantikan adalah pembacaan dan penghargaan yudisiawan terbaik. Terbaik dari prodi S1 Pendidikan Kimia yaitu terbaik pertama diraih Setyo PA (IPK 3,81), terbaik kedua Dyah AP (IPK 3,77) dan terbaik ketiga DWI YH (IPK 3,75). Sedangkan terbaik dari prodi S1 Kimia yaitu terbaik pertama diraih oleh Fajriatun H (IPK 3,50), terbaik kedua Fahmi NM (IPK 3,41 ) dan terbaik ketiga Dwita OP (IPK 3,15)

Rangkaian acara yudisium ditutup dengan doa dengan penuh khusyuk, setelah itu dilanjutkan dengan foto-foto. Alhamdulillah, rangkaian acara keseluruhan berlangsung sangat harmonis dan lancar dan sesuai dengan harapan. Mudah-mudahan lulusan Kimia FMIPA Unesa menjadi orang-orang yang sukses mulia dunia akherat. Aamiin

(By Samik, S.Si., M.Si)

Leave a Comment