Kunjungan Industri ke PT. AMERTA INDAH OTSUKA KEJAYAN PASURUAN


Pada tanggal 6 Mei 2019, kelas PKB 2016 melakukan kunjungan industri ke PT. Amerta Indah Otsuka Kejayan Pasuruan. Dalam kunjungan di PT Amerta Indah Otsuka kami diterima oleh Ibu Indah Supraptiningsih sebagai Customer Relation Officer. Ibu Indah menjelaskan tentang sejarah, proses produksi dan produk yang dihasilkan oleh PT. Amerta Indah Otsuka di ruang auditorium. Untuk perkembangan dari PT. Amerta Indah Otsuka yaitu bulan Februari tahun 1997 PT. Amerta Indah Otsuka berdiri di Sukabumi – Jawa Barat. Pocari kemasan 15gr diluncurkan pada bulan Februari tahun 2001, pada awal 2004 mulai memproduksi di Sukabumi. Pada tanggal 26 Mei 2010 lalu PT Amerta Indah Otsuka, Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur Kejayan. Motto yang dimiliki yaitu “PEOPLE CREATING NEW PRODUCTS FOR BETTER HEALTH WORLDWIDE” dan memiliki logo lingkaran besar berwarna biru dan lingkaran kecil berwarna merah. Warna biru memiliki arti keterbukaan, kebebasan, kecerdasan, dan masa depan. Untuk warna merah memiliki makna bahwa memiliki komitmen penuh semangat. Kegiatan pertama kami yaitu mengunjungi tempat produksi Soyjoy. Pada proses pembuatan Soyjoy seluruhnya menggunakan alat canggih yang dijaga kebersihan dan kehigienisannya. Alat yang digunakan mulai dari alat mixing antara kedelai dengan bahan lain seperti buah-buahan, kemudian alat cetak dan oven otomatis, alat pendinginan, kemudian hingga pengemasan. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh PT. Amerta Indah Otsuka contohnya yaitu meneliti bahan baku Soyjoy yang didapatkan dari petani terdekat. Penelitian meliputi keadaan tanah hingga target hasil yang dicapai.

Gambar 1. Foto di depan tempat produksi Pocari Sweat

Kemudian yang kedua kami mengunjungi tempat produksi Pocari Sweat. Pada proses pengemasan dan pengolahan limbah pocari sweat mengutamakan pengurangan penggunaan plastic dan sisa limbah yang ramah lingkungan. Botol yang digunakan untuk tempat pocari sweat merupakan hasil botol yang diproduksi sendiri. Dengan mengolah biji plastic menjadi preform yang kemudian diberikan suhu dan tekanan tertentu akan dapat dibentuk menjadi botol yang menjadi kemasan pocari sweat. Kemudian larutan yang menjadi isian pocari sweat juga dibuat bersamaan dengan proses pembuatan botol, jadi pengisian dapat dilakukan dengan segera untuk mengurangi kontaminasi debu atau bakteri. Setelah terisi, botol ditutup dan secara otomatis melewati sensor yang menyeleksi hasil pengisian yaitu jumlah tekanan yang ada dalam botol. Kemudian berlanjut kepada proses pemberian label dan pengemasan dalam kardus. Setiap menit proses produksi menghasilkan 600 produk.
Informasi lain yang kami dapatkan yakni mengenai cara menjaga agar produk tetap awet. Pocari sweat sama sekali tidak menggunakan pengawet. PT Amerta Indah Otsuka menggunakan Natrium cair untuk mengisi tempat kosong di dalam botol yang berisi udara yang dikhawatirkan mengandung bakteri penyebab produk tidak tahan lama, sehingga produk yang dihasilkan awet tanpa pengawet serta aman di konsumsi. PT Amerta Indah Otsuka selalu berkomitmen untuk membantu menjaga kesehatan, pocari sweat diproduksi dan dikemas dengan steril serta memperhatikan setiap detail kecil seperti suhu dan tekananya sehingga pocari sweat sangat diminati oleh banyak masyarakat.

Leave a Comment