Kunjungan Industri ke PT. INDOLAKTO PURWOSARI

)

Pada tanggal 9 April 2019, mahasiswa Pendidikan Kimia Unesa A angkatan 2016 telah melakukan kunjungan industri ke PT.Indolakto Purwosari (Pasuruan) yang beralamatkan di Jl. Raya Purwosari Km. 62, Desa Tejowangi, Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Kunjungan industri ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang kimia pada umumnya dan kimia golongan utama pada khususnya. Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan agar mahasiswa mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama perkuliahan dengan realitas yang ada di lapangan serta dapat mengetahui berbagai permasalahan yang ada dan kemungkinan dapat menyelesaikannya. Selaras dengan hal tersebut, kegiatan kunjungan industri ini juga bertujuan untuk menambah wawasan serta menunjang ilmu dari mata kuliah yang telah diperoleh dikampus.

Gambar 1. Foto bersama dengan pihak PT.INDOLAKTO

Kunjungan industri ini diikuti oleh 34 mahasiswa dan 1 dosen pendamping yaitu Bapak Mukhlis. Dalam kunjungan ini kami diterima oleh Ibu Nurul Widiana Purnomo selaku HRD PT Indolakto Purwosari Pasuruan. Setelah kami disambut hangat, Ibu Nurul menjelaskan sekilas tentang sejarah, proses pengolahan susu dan proses pengolahan limbah yang ada di PT.Indolakto. PT Indolakto pada awalnya bernama PT. Australia Indonesia Milk Industries (PT Indomilk) mulai berdiri pada tahun 1967 yang disebut sebagai Penanaman Modal Asing (PMA) pertama. Pertimbangan Penanaman Modal dan disetujui pada tanggal 15 Desember 1967 dengan modal awal sebesar US $ 750.000 dan pinjaman modal sebesar US $ 880.000. PT Indomilk menjadi perusahaan pelopor dalam pembuatan Susu Kental Manis (SKM) secara modern di Indonesia oleh Australian Dairy Produce Board (ADPB) yang merupakan Dewan Hasil Peternakan Susu Australia. Seiring dengan perkembangannya, PT. Indomilk berubah status menjadi Pemilikkan Modal Dalam Negeri (PMDN) di tahun 1986 setelah Dilakukannya alih teknologi dan permodalan. Pada tahun 2008 seluruh anak perusahaan Grup Indomilk yang terdiri dari PT Indomilk, PT Indomurni Dairy Industries, PT Ultrindo, PT Indolakto dan PT Indoeskrim bergabung ke dalam satu payung usaha, yaitu PT Indolakto.

PT. Indolakto merupakan Anak Perusahaan dari PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang fokus pada usaha dairy. Produk hasil pengolahan susu pada industri ini antara lain susu kental manis Cap Enak, Indomilk, Tiga Sapi, Kremer, mentega dengan merek Orchid Butter, Indoeskrim dan Nice Yogurt. Visi dari PT Indolakto adalah Turut Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Sedangkan misi dari PT.Indolakto adalah dengan menghadirkan produk PT.Indolakto yang berkualitas di seluruh dunia melalui manajemen usaha yang baik dapat menciptakan nilai tambah perusahaan yang berkelanjutan serta pemanfaatan peluang kerjasama dengan pihak asing maupun dalam negeri dengan sebaik-baiknya. Tujuan PT.Indolakto terbagi menjadi dua, yaitu sosial dan komersial. Tujuan sosial tertuang dalam maklumat mutu, dimana PT.Indolakto bertekad sepenuh hati untuk menghasilkan produk dan jasa yang bermutu dan halal, serta memberikan kepuasan kepada pelanggannya melalui produk-produk yang berstandar mutu tinggi. Sedangkan tujuan komersial dimaksudkan untuk memperoleh laba sehingga perusahaan dapat terus berkembang.

Setelah diberikan sedikit gambaran tentang PT.Indolakto, kami diajak berkeliling untuk melihat proses pengemasan susu yang dipandu oleh bu Nurul. Produk utama PT Indolakto Purwosari Pasuruan adalah susu kental manis (SKM), dan susu steril yang meliputi susu UHT (Ultra High Temperature) dan SCI (Susu cair Indomilk). Susu kental manis diproduksi dengan cara mengurangi air dalam susu murni dengan cara evaporasi serta ditambahkan gula kurang lebih 30%. Produk susu kental manis PT Indolakto tersedia dalam 3 kemasan, yaitu kemasan kaleng, sachet, serta pouch. Namun kemasan pouch masih belum diluncurkan secara resmi di pasaran. Selain susu kental manis, ada pula susu steril yaitu SCI. SCI adalah produk susu yang diperoleh dengan proses sterilisasi. Pada proses ini semua mikroorganisme penyebab penyakit dan kerusakan produk dimatikan sehingga produk ini dapat tahan lama. Di samping itu, susu cair steril Indomilk juga dilengkapi dengan sedotan steril untuk menjamin kebersihannya. Susu Cair Indomilk memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi kesehatan tulang, yaitu Triple Bone Care (Kalsium, Fosfor dan Vitamin D) dan Kolin. Susu cair steril INDOMILK juga diperkaya dengan Vitamin A, B1, B6 dan D3 untuk membantu pemenuhan gizi sehari-hari. Pada proses ini produk disterilisasikan dengan pemanasan hingga mencapai suhu 120 – 125 ˚C selama 10 – 15 menit. Pada SCI terdapat pilihan rasa yaitu melon, strawberry, coklat dan vanila.

Susu kotak Ultra High Temperature (UHT) adalah hasil teknologi pengolahan susu dengan proses sterilisasi metode HTST (High Temperature Short Time). Pada proses ini produk disterilisasikan dengan pemanasan hingga mencapai suhu 140 – 145 ˚C selama 2-4 detik. Pada susu kotak Ultra High Temperature (UHT) terdapat pilihan rasa yaitu melon, strawberry, coklat dan vanila.

Pada proses pengolahan limbah di PT. Indolakto Purwosari Pasuruan ditangani oleh departemen tersendiri yaitu Department Waste Water Treatment Plant (WWTP). Limbah yang ada di PT.Indolakto Purwosari Pasuruan merupakan sisa dari proses produksi dan limbah susu yang tidak terpakai yang apabila tidak diolah akan menimbulkan pencemaran dan tidak memiliki nilai ekonomis. Oleh karena itu PT. Indolakto Purwosari Pasuruan berusaha mengolah limbahnya agar tidak mencemari lingkungan sekitar pabrik serta dapat diolah menjadi suatu produk yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Pengolahan limbah di PT. Indolakto Indonesia sudah memenuhi standar lingkungan, yaitu proses pengolahan limbah akan dibuang ke lingkungan sekitar yang telah diolah terlebih dahulu sesuai dengan karakteristik masing-masing limbah. Terdapat 2 macam limbah yang dihasilkan PT. Indolakto Purwosari yaitu limbah padat dan limbah cair. Limbah padat di PT.Indolakto berasal dari lumpur hasil pemisahan dengan Belt Press diolah menjadi pupuk kompos. Limbah padat yang ditampung di tempat penampungan tersebut akan diangkut oleh petugas dan di ambil oleh warga sekitar dan di aplikasikan sebagai pupuk tanaman.

Pengolahan Limbah cair di PT. Indolakto Purwosari melalui proses WWTP, sebelum di alirkan ke sungai limbah air terlebih dahulu di tampung dalam kolam ikan yang berukuran 5×5 meter yang berfungsi sebagai mediator kualitas air limbah  tersebut,  jika dalam pengaliran ke dalam kolam dan ikan tidak mati maka secara otomatis air dapat di alirkan ke sungai. Standar pengolahan limbah cair tidak terlepas dari konsentrasi BOD dan COD yang terlarut dalam air, sehingga analisa dan uji laboratorium harus dilakukan. Dari kunjungan yang telah kami lakukan tersebut, kami memperoleh ilmu dan wawasan baru yang diharapkan dapat dipadukan dengan apa yang kami pelajari dikelas dan berguna nantinya.

Gambar 2. salah satu bak pengolahan limbah

Gambar 3. Kolam ikan pada WWTP

Leave a Comment