YUDISIUM 92 KIMIA FMIPA UNESA

HIKMATNYA PROSESI YUDISIUM 92 KIMIA FMIPA UN

Pada hari Rabu, 1 Agustus 2018, Jurusan KimiaUnesa telah berhasil menyelenggarakan agenda Yudisium 92 pada tahun 2018 di gedung C6.04.01 (Ruang Pertemuan Kimia FMIPA UNESA).Prosesi yudisium tahun ini didapati mahasiswa yang melaksanakan yudisiumsebanyak 74 dengan rincian 59 mahasiswa dari program studi pendidikan kimia dan15 mahasiswa dari program studi kimia. Jumlah undangan yang hadir lebih kurangsebanyak 105 undangan. Tamu undangan diikuti oleh yudisiawan/yudisiawati sebanyak74 mahasiswa, Bapak dan Ibu dosen Kimia beserta Staff pegawai sebanyak 31 tamuundangan yang hadir.

            Agenda yudisium dimulai dengan doa pembukaan yaitu membaca basmallah dan surat Al-fatihah. Rangkaian berikutnya yaitu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, Mars Unesa, dan Mars Kimia yang dipandu oleh dirijen yang bertugas. Prosesi menyanyikan lagu yang diikuti seluruh peserta yudisium dan tamu undangan berlangsung dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Rangkaian agenda dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang pertama disampaikan oleh perwakilan mahasiswa yaitu M. Andi Tanri P. Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua jurusan kimia yaitu Prof. Dr. Suyatno, M.Si. yang penuh dengan pesan-pesan penyemangat. Para hadirin sangat antusias dengan isi sambutan khususnya bagi peserta yudisium yaitu mahasiswa dan mahasiswi yang penuh motivasi untuk menggapai cita-cita yang diharapkan.

            Agenda yudisium 92 tahun 2018setelah prosesi sambutan didalamnya juga terdapat rangkaian untuk mengapresiasipara yudisiawan yang terbaik dari masing-masing prodi. Yudisiawan yang terbaikdiambil dari peraihan IPK yang tertinggi yang diurutkan mulai juara 1, 2, dan3. Yudisiawan terbaik dari prodi pendidikan kimia untuk posisi juara 1diberikan kepada Evia Yuni S. dengan perolehan IPK sebesar 3,78. Urutanyudisiawan terbaik juara 2 prodi pendidikan kimia direbut oleh Eka SyawallinurR. dengan IPK sebesar 3,69. Terakhir, posisi juara 3 diraih oleh Puput Fuzi A.dengan nilai IPK 3,68 selisih 0,01 dengan juara 2. Selanjutnya, yudisiawanterbaik dari prodi kimia atau non kependidikan untuk posisi juara 1 diberikankepada Kuminingsih May L. dengan IPK sebesar 3,68. Posisi juara 2 direbut oleh Zeti Lindawati dengan raihan IPK sebesar 3,66. Terakhir posisi juara 3 diraiholeh Angga Dwi Yunianto dengan nilai IPK 3,57. Raihan yudisiawan terbaik untukprodi kimia atau non kependidikan bahkan dapat menembus posisi juara 3yudisiawan terbaik tingkat fakultas yaitu Kuminingsih May L. walaupun belumdapat mengalahkan posisi pertama dan kedua yang direbut oleh jurusan lain diFMIPA Unesa. Jurusan kimia tetap bangga dengan raihan IPK para yudisiwan danyudisiawati dan yang paling penting adalah kompetensi yang dimiliki oleh parayudisiwan dan yudisiawati untuk menyongsong dunia kerja yang semakinkompetitif.

Prosesi selanjutnya setelah pemberian apresiasi pada yudisiawan terbaik dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng untuk simbolis. Prosesi kali ini dilakukan oleh perwakilan mahasiswa yuidisium 92 yaitu Yosep Yuswanto dan diberikannya hasil pemotongan tumpeng kepada ketua jurusan yaitu Prof. Dr. Suyatno M.Si. sebagai simbolis tanda syukur terhadap pencapaian peserta yudisium 92. Selanjutnya adalah prosesi pemberian cinderamata untuk jurusan kimia FMIPA Unesa yang diwakili oleh M. Ilham Fadila R. sebagai perwakilan mahasiswa. Sedangkan, dari jurusan Kimia diwakili oleh Ibu Sekertaris Jurusan yaitu Dian Novita S.T., M.Pd. dilakukan secara simbolis dengan memberikan vendel berisikan ucapan terimakasih kepada jurusan Kimia FMIPA Unesa. Rangkaian selanjutnya adalah pemutaran video yang berisi memori singkat perjalanan beberapa mahasiswa dan pesan kesannya selama kuliah di jurusan kimia. Semua hadirin sangat terharu dari pemutaran video tersebut karena banyaknya momen yang telah dilalui di jurusan kimia dengan suka dukanya. Rangkaian agenda ditutup dengan membaca doa penutup yang dipimpin oleh perwakilan mahasiswa yaitu Syahirul Alim dengan sangat tenang dan damai. Selanjutnya adalah agenda bebas yaitu berisi hiburan dari adik-adik hmj yaitu live music dan dilanjutkan foto-foto didalam gedung pertemuan sampai durasi yang disepakati. Rangkaian secara keseluruhan berlangsung hikmat dan lancer. Agenda yudisium 92 sudah sangat sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh panitia yudisium 92 dan semua pihak yang terlibat.

Penulis:Andi



Leave a Comment