Kunjungan siswa-siswi SMAN 1 Ponorogo ke Jurusan Kimia Unesa

Senin, 24 Juli 2018 Jurusan Kimia Universitas Negeri Surabaya kembali mendapatkan kunjungan dari sekolah-sekolah. Kunjungan ini berasal dari siswa-siswi SMAN 1 Ponorogo kelas XII semester ganjil. Sekitar pukul 08.00 WIB mereka sampai di Universitas Negeri Surabaya dan langsung disambut di Gedung D1 Auditorium Prof. Slamet Dajono. Ada beberapa mahasiswa pendamping yang ditugaskan untuk mengantarkan siswa-siswi ke laboratorium jurusan. Mahasiswa pendamping ini berasal dari pengurus himpunan mahasiswa jurusan atau mahasiswa selain himpunan yang bersedia menjadi pendamping. Kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan siswa-siswi SMAN 1 Ponorogo mengenai kehidupan kampus.

Pukul 10.00 WIB siswa-siswi berjalan ke jurusan kimia dari gedung D1 dan didampingi oleh dosen kimia Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si. Beberapa mahasiswa pendamping pun ikut mendampingi ke jurusan kimia. Siswa-siswi yang mendapat pembagian kunjungan di laboratorium kimia sebanyak 100 anak. Jurusan kimia memiliki 6 laboratorium yaitu  Instrumen, Kimia Organik , Kimia Anorganik, Kimia Analitik, Kimia Dasar, dan Kimia Fisika. Setelah mendapatkan izin dari kepala laboratorium Dr. Nuniek Herdyastuti, M.Si siswa-siswi mulai ditertibkan dan dibagi menjadi 10 kelompok. Setiap kelompok dipandu oleh 2 mahasiswa pendamping. Kelompok 1 langsung menuju laboratorium Kimia Dasar di lantai 4.  Kelompok 2  ke laboratorium Kimia Fisika yang letaknya di seberang laboratorium Kimia Dasar begitupun dengan kelompok yang lainnya.

Laboran adalah orang yang bertugas didalam laboratorium. Setiap laboratorium di Jurusan Kimia memiliki laboran yang bertanggung jawab mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan  laboratorium. Siswa-siswi memasuki laboratorium dan disambut ramah kedatangannya . Mereka terlihat antusias melihat alat dan bahan yang tersedia di dalam laboratorium. Sesekali laboran menjelaskan dan menjawab pertanyaan kecil yang dilontarkan siswa-siswi. Kebetulan di laboratorium Kimia Fisika juga sedang digunakan praktikum oleh mahasiswa angkatan 2014 sebagai bahan skripsinya. Siswa yang penasaran melihat dan mendekatinya untuk menanyakan beberapa hal.

Pukul 11.45 WIB siswa-siswi SMAN  1 Ponorogo diminta untuk berkumpul di depan jurusan karena waktu berkunjung sudah habis. Mereka mengabadikan momennya dengan berfoto di depan Jurusan Kimia sembari menunggu kelompok lainnya turun. Sekitar pukul  12.00 WIB mereka sudah meninggalkan Jurusan Kimia dan kembali ke gedung D1.

Leave a Comment