PKA 15 UNESA GOES TO SUGAR FACTORY

Hari Kamis tanggal 05 Juli 2018 tepatnya pukul 09.00 pagi, rombongan keluarga besar Pendidikan Kimia A 2015 berkesempatan untuk melakukan kunjungan industri ke Pabrik Gula Tjoekir, PT. Perkebunan Nusantara X, yang berlokasi di daerah Cukir, Diwek, Jombang. Diikuti oleh 35 mahasiswa dengan 2 dosen pendamping mata kuliah Kimia Anorganik II, yakni Ibu Dina Kartika Maharani, S.Si., M.Sc., dan Ibu Kusumawati Dwiningsih, S.Pd., M.Pd.

Rombongan bis berangkat dari kampus UNESA Ketintang pukul 07.00 pagi dan tiba dilokasi pukul 09.00 tepat. Kedatangan mahasiswa Kimia UNESA beserta dosen pendamping disambut dengan baik oleh perwakilan pihak SDM pabrik gula Tjoekir. Kegiatan diawali dengan doa dan sedikit sambutan dari pihak PG Tjoekir, kemudian mahasiswa berbaris dengan rapi sambil mendengarkan pengarahan yang diberikan oleh pihak SDM, teknisi, serta sejumlah security yang akan mengawal rombongan selama kegiatan berlangsung. Setelah mendengarkan pengarahan, sebelum masuk ke dalam pabrik, rombongan tidak ingin melewatkan  momen berada di salah satu pabrik penghasil gulacukup megah yang berlokasi di kabupaten Jombang ini dengan berfoto terlebih dahulu untuk mengabadikannya. Setelah dirasa cukup, helm pabrik dibagikan kepada 37 peserta kunjungan untuk keamanan selama kegiatan berlangsung, dan rombongan dipersilahkan masuk dengan didampingi teknisi, pihak SDM, beserta sejumlah security.

Didalam pabrik, rombongan dipandu untuk melihat proses pembuatan gula mulai dari pemilihan tebu terbaik, penggilingan, pemurnian, penguapan, pengkristalan, pengeringan, hingga proses pengemasan. Mahasiswa dihimbau untuk tidak mendekat dan tidak berjalan melewati zona hijau karena pada saat itu produksi gula tengah berlangsung, dan semua mesin dalam keadaan aktif. Ketika memasuki area produksi, aroma khas gula tebu akan tercium. Deretan mesin pabrik raksasa yang bekerja terus menerus menarik perhatian mahasiswa untuk memotret dan bertanya pada teknisi mengenai tahap apa yang sedang dilakukan.

Semua proses dalam pembuatan gula dari tebu ini berjalan secara berkelanjutan. Tentunya dalam tiap harinya selalu ada gula yang dihasilkan. Pembuatan gula di PG Tjoekir ini melewati beberapa tahap yang terjadi pada stasiun yang berbeda. diantaranya adalah stasiun penggilingan, stasiun pemurnian nira, stasiun penguapan nira, stasiun kristalisasi nira, stasiun pemisahan nira, dan yang terakhir adalah stasiun penyelesaian untuk kemudian dikemas.

Pembuatan gula yang menggunakan bahan utama tebu ini di awali dengan proses penggilingan yang akan berlanjut pada pemurnian nira. Nira didapatkan dari proses penggilingan tebu terbaik. Tebu-tebu yang didapatkan dari petani sekitar PG Tjoekir ini kemudian di angkat dan dimasukkan ke dalam mesin penggiling. Dari proses ini akan didapatkan nira tahap awal berlanjut pada tahap pemurnian nira untuk mendapatkan nira tahap akhir dengan penambahan susu kapur dan gas SO2. Setelah didapatkan nira akhir dari tahap pemurnian nira, selanjutnya dialirkan ke dalam stasiun penguapan nira guna membuat nira encer menjadi kental. Berikutnya nira kental dialirkan ke dalam stasiun kristalisasi nira untuk dilakukan proses pemasakan, proses berlanjut hingga pada stasiun pemisahan. Hasil dari proses kristalisasi yang masih berupa campuran larutan dan kristal harus dipisahkan hingga didapatkan kristal gula tebu murni.

Setelah pengamatan tahapan produksi di dalam pabrik selesai dilakukan, rombongan selanjutnya dipandu untuk memasuki ruang pertemuan dengan pihak SDM dan teknisi untuk kegitatan tanya jawab dan penjelasan dengan PG Tjoekir. Sebelum dilaksanakan sesi tanya jawab, pihak PG Tjoekir memberikan tayangan berupa video sejarah berdirinya PG Tjoekir yang berlokasi di Jombang dan tahapan pembuatan gula. Penjelasan mengenai informasi produksi gula yang diberikan menarik perhatian mahasiswa. Beberapa pertanyaan di ajukan oleh mahasiswa mengenai pemilihan bahan baku, penggilingan, pemurnian, pengkristalan, pengolahan limbah, pemasaran dan quality control.

Pukul 12.00 selesailah rangkaian kegitan kunjungan industri di PG Tjoekir, Jombang. Kegiatan di akhiri dengan pemberian tali asih yang dilakukan oleh Ibu Kusuma selaku dosen pembimbing dan Bintang selaku ketua pelaksana. Selesainya kegiatan kunjungan industri ini, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa jurusan kimia UNESA mengenai aplikasi ilmu kimia yang dipelajari dalam skala industri.

Leave a Comment