KUNJUNGAN KE SMAN 4 SURABAYA

SMA Negeri (SMAN) 4 Surabaya, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang beralamat di  JL. Prof. DR. Moestopo No. 04, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota Surabaya Prov. Jawa Timur. Letak sekolah cukup strategis di samping udara yang cukup sejuk untuk kegiatan pembelajaran. Sekolah memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Gedung sekolah cukup memadai, yakni ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, kantor kepala sekolah, kantor guru, masjid, ruang UKS, dan lapangan yang cukup luas dan memadai untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Sekolah juga memiliki kelengkapan alat, media, dan sumber belajar yang cukup. pelayanan baik telah dilakukan oleh kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya kepada siswa sehingga siswa menjadi nyaman dalam mengikuti proses belajar siswa.

Kepala sekolah dengan kemampuannya tersebut telah dapat memberdayakan potensi sekolah sehingga penyelenggaraan sekolah dalam suasana menyenangkan serta pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 4 Surabaya cukup baik, tidak saja menyangkut kualifikasi latar belakang pendidikan, melainkan juga mencakup kompetensi guru yang memadai.

Pada saat itu kami menemui langsung Ibu Dra. Nuri Maria Ulfa, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Surabaya yang menjabat sejak Januari 2017.  Peluang untuk menjadi Kepala Sekolah dengan pendaftaran via online, beliau mengirimkan essay berjudul  “Sekolah Positif” yang kemudian menjadi titik awal beliau menjadi kepala sekolah. Selain menjadi Kepala Sekolah Ibu Nuri Maria Ulfa masih tetap menjadi guru kimia yang aktif mengajar murid-muridnya. Guru yang baik dilihat dari 4 kompetensi yaitu pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Sebagai strateginya pada saat menjadi guru kimia beliau menerapkan STAD untuk meminimalisir kecurangan padasaat muridnya mengerjakan tugas, yang strateginya dilakukan dengan membentuk kelompok serta menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan menggunakan “ice breaking” di sela pembelajaran. Pada saat menjadi guru kimia, beliau juga melaksanakan pembelajaran dengan praktikum sederhana di dalam kelas dengan alat bahan sehari-hari dan tempat duduk murid yaitu dibuat pola seperti SPU sesuai nomer absen.

Kepemimpinan kepala sekolah terfokus pada sekolah SMA Negeri 4 Surabaya menjadi sekolah favorit, unggulan, dan menyenangkan. Menjadi Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Surabaya, Ibu Nuri Maria Ulfa menerapkan EMASLIM (Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Motivator, Inovator) dalam kepemimpinannya. Sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 4 yang menyandang akreditasi A tidak luput dari inovasi yang ada di sekolah sebagai penunjang kegiatan pembelajaran yakni seperti literasi di awal kegiatan pembelajaran, literasi yang diterapkan tidak hanya literasi baca, namun adapula literasi mengaji pada hari-hari tertentu yaitu tepatnya Selasa dan Kamis sebagai wujud pengamalan visinya terkait iman dan taqwa. Pencitraan sekolah juga dilambangkan melalui prestasi prestasi peserta didiknya. Kurikulum yang dipakai adalah Kurikulum 2013 . SMA Negeri 4 Surabaya juga memiliki branding berkaitan dengan lingkungan yaitu launching “Zero Waste” sebagai wujud pengamalan visinya yang berwawasan lingkungan. Peningkatan kompetensi guru untuk mengetahui karakteristik guru lalu mengevaluasi dan melakukan supervisi klinis. Beliau juga menghimbau agar guru-guru tidak terlambat karena dijadikan cermin teladan muridnya. Kemudian melihat berbagai peluang untuk menjadikan strategi sebagai daya unggul sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran, guru SMA Negeri 4 Surabaya memiliki kemampuan didaktik metodik yang baik. Guru mampu mendesain perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sehingga memiliki kinerja baik dan berdampak pada prestasi peserta didik yang baik pula. Dampak kinerja guru itulah sehingga SMA Negeri 4 Surabaya merupakan salah satu SMA favorit di Surabaya serta lingkungan sekolah baik dan kondusif sangat mendukung kegiatan pembelajaran maupun kegiatan-kegiatan akademik dan sosial lainnya. Suasana kelas merupakan salah satu indikator penting yang berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, di samping faktor-faktor pendukung lainnya. Suasana kelas dalam pembelajaran di SMA Negeri 4 Surabaya cukup kondusif dan mendukung kegiatan pembelajaran.Sekolah selalu mempersiapkan program tahunan dan jangka panjang dalam arsip rekapan makalah setiap tahunnya, beserta rencana kegiatan dan anggarannya sehingga terstruktur rapi.

Leave a Comment