Kunjungan Ke SMA Muhammadiyah 2 Surabaya

            SMA Muhammadiyah 2 Surabaya terletak di Jl. Pucang Anom 91 RT 02 RW 04 Kelurahan Kertajaya Kecamatan Gubeng Surabaya. Sekolah ini didirikan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Ngagel pada 1 Januari 1975. Saat ini sekolah SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dipimpin oleh Bapak Astajab, S.Pd., M.M yang merupakan kepala sekolah ketujuh semenjak awal didirikannya SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.

Akreditasi yang dimiliki oleh SMA Muuhamadiyah saat ini adalah akreditasi A. Akreditasi ini dilakukan selama 5 tahun sekali yang penilaiannya berpatokan pada delapan standar nasional pendidikan yang meliputi, standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan pendidikan, standar pengelolaan, dan standar penilaian pendidikan.

Branding dari sekolah ini adalah “Excellent with Character and Achievemet”.Branding setiap periode bisa berubah, biasanya setiap kepala sekolah memiliki branding sendiri-sendiri, terkadang ada yang hanya meneruskan branding dari kepala sekolah yang lama. Kegiatan yang ada di sekolah harus tercermin dari branding sekolah itu. Di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya saat ini memiliki kegiatan ekstra kurikuler sebanyak                          48 kegiatan. Siswa difasilitasi dengan kegiatan ekstra kurikuler yang banyak supaya bisa mengembangkan kemampuannya, setiap tahun prestasi yang dapat diraih oleh siswa bisa mencapai 100 penghargaan.

Selain itu, SMA Muhammadiyah 2 Surabaya memiliki suatu nilai yang disingkat DEDICATE, yang merupakan kependekan dari : DISCIPLINE, CLEAN, INDEPENDENT, FAIR, CARE, dan CREATIVE.

SMA Muhammadiyah 2 Surabaya memiliki banyak sekali inovasi. Inovasi yang dilakukan misalnya dari segi sarana prasarana, dimana saat ini SMAM 2 Surabaya sedang membangun gedung lantai 7. Lantai 7 rencananya dibangun sport center, lantai 6 rencananya digunakan untuk ruang pertemuan, lantai 2 dibangun kolam renang dan ada juga fitness center. Adanya sport center, akan memadai dengan jumlah ekstra kurikuler yang banyak, sehingga tidak perlu menyewa tempat lagi, dan pengawasannya bisa dilakukan di sekolah. Harapannya dengan dibangunnya gedung baru dengan fasilitas tersebut, SMAM 2 Surabaya dapat berpenghasilan, dimana setiap hari Sabtu dan Minggu bisa disewakan untuk umum.

Selain itu, ada kelas internasional dan membangun kerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Cina, dan Australia. Ada pertukaran pelajar antara SMAM 2 Surabaya dengan sekolah-sekolah yang ada di luar negeri. Bulan Juni 2017 lalu siswa dari Australia belajar ke SMAM 2 Surabaya, lalu Februari 2018 siswa-siswa dari SMAM 2 Surabaya dibawa ke Australia, Maret 2018 sebanyak 76 siswa SMAM 2 Surabaya ke Singapura. Saat ini, sekolah luar negeri yang sedang dijajaki oleh SMAM 2 Surabaya adalah sekolah-sekolah yang ada di Eropa, seperti Jerman, Perancis, Belanda.

Leave a Comment