KUNJUNGAN MAHASISWA Unesa ke SMK AL-HIDAYAH MOJOKERTO

Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Unesa pada hari Sabtu, 28 April 2018 berkesempatan untuk melakukan kunjungan di SMK Al-Hidayah Mojokerto. Tujuan dari kunjungan tersebut yaitu untuk melakukan wawancara kepada Kepala SMK Al-Hidayah yaitu Bapak Ahmad Saiful Arif, S.Pd. M.Pd yang merupakan salah satu alumni dari jurusan Kimia FMIPA Unesa.                       SMK Al-Hidayah merupakan sekolah yang baru berdiri pada tahun 2013. Sekolah ini beralamat lengkap di Jalan Sayyid Mahmud Desa Tampungrejo Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Tampungrejo, Puri, Mojokerto. SMK Al-Hidayah merupakan sekolah swasta dari Yayasan Al-Hidayah, dimana selain SMK juga terdapat SMP Al-Hidayah dalam satu Kawasan tersebut.

SMK Al-Hidayah memiliki 4 jurusan, yaitu pertanian, alat berat, kendaraan ringan dan multimedia. Dimana 4 jurusan tersebut dipilih dari minat para peserta didik saat dilakukan pengambilan angket di SMP. Sekolah ini memiliki akreditasi B pada tahun 2017,.menurut Bapak kepala sekolah, akreditasi itu penting bagi sekolah karena jika sekolah tidak terakreditasi maka saat pelaksanaan ujian nasional dan ujian kompetensi siswa harus bergabung dengan sekolah penyelenggara. Branding dari SMK Al-Hidayah yaitu model praktik kerja dilakukan dengan bekerjasama  di beberapa perusahaan, seperti dengan CV.Musica dan PT.Perak Jaya. Sekolah ini juga memiliki suatu program sebulan sekali Qodmil Qur’an di rumah masing-masing siswa.

Visi dan Misi SMK Al-Hidayah terbentuk sejak sekolah didirikan yaitu semenjak tahun 2013 dan belum pernah mengalami revisi. Visi SMK AL-Hidayah yaitu terbina dalam akhlaq, terlatih dalam kemandirian, terdepan dalam prestasi dan misi SMK Al-Hidayah yaitu menciptakan suasana dalam kebinaan yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT., Menciptakan siswa yang berwawasan kebangsaan yang tangguh, menciptakan siswa yang terampil dalam kehidupannya, menciptakan pembelajaran PAIKEM dan menciptakan siswa yang siap bersaing dalam era globalisasi. Model penjaminan mutunya yaitu melalui UKK (Uji Kompetensi Keahlian) yang diuji oleh lembaga-lembaga yang kredibel dan perusahan-perusahaan. Sebelum siswa diuji, peserta didik SMK Al-Hidayah dilatih terlebih dahulu sehingga siswa memiliki keterampilan yang diharapkan. Terdapat tahapan-tahapan sebelum praktik kerja industri seperti diberi magang terlebih dahulu dan sebelum UKK dilatih terlebih dahulu.

SMK Al-Hidayah memiliki citra yang baik di masyarakat yaitu masyarakat sudah memiliki kepercayaan karena alumninya mayoritas sudah bekerja, tingkat kedisiplinan meningkat dibandingkan sekolah lain, perhatian sekolah kepada siswa yang bermasalah relatif tinggi, dilihat permasalahannya terlebih dahulu tidak langsung dikeluarkan dari sekolah, setelah mengetahui permasalahannya sekolah akan memberikan solusi. Inovasi pembelajaran yang dilakukan diserahkan sepenuhnya ke guru namun Pak Saiful menekankan pembelajaran tidak harus di kelas, pembelajaran berbasis ICT, membebaskan siswa untuk mengikuti event lomba.

 

 

Leave a Comment