ONMIPA-PT TAHUN 2018, WILAYAH JAWA TIMUR DI UNIPA SURABAYA

onmipa

 

 

ONMIPA-PT merupakan Olimpiade Nasional bidang Matematika dan IPA Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan untuk mencapai indicator kinerja program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan terutama pada pemenuhan jumlah mahasiswa berprestasi. Untuk bisa berpartisipasi dalam acara tersebut, calon peserta terlebih dahulu harus mengikuti seleksi yang diadakan di FMIPA-UNESA. Ada 4 bidang pada lomba ini, yaitu Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi. Peserta yang dinyatakan 3 terbaik pada setiap bidang akan mewakili UNESA pada ONMIPA-PT tahun 2018. Dan pewakilan dari Jurusan Kimia-FMIPA-UNESA yang dinyatakan lolos dan harus mengikuti ONMIPA-PT bidang kimia tahun 2018 adalah Sigit Trimayanto, M. Nurkholik, dan Angelina Nur Afni.

Para peserta dibimbing di setiap jurusan masing-masing sesuai dengan bidang yang diikuti. Untuk jurusan Kimia sendiri, bimbingan olimpiade sudah dilaksanakan dari jauh hari sebelum pelaksanaan seleksi. Bimbingan dilakukan setiap hari Jum’at pukul 07.30 hingga 11.00. Bimbingan dilakukan untuk mempersiapkan materi olimpiade agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Peserta dibimbing oleh dosen yang kompeten di bidangnya, yaitu Prof. Dr. Suyatno, M.Si bidang kimia organik, Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si bidang kimia fisika, Dr. Pirim Setiarso, M.Si di bidang kimia analitik, Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si di bidang kimia anorganik dan Rusly Hidayah, S.Si.,M.Pd sebagai pembina.

Dan pada akhirnya menjelang hari seleksi. Pada H-1 hari, semua peserta dari UNESA dikarantina di Homestay 76 yang beralamat di Gayungsari Barat No.76. Semua peserta check in pada hari Selasa, 20 Maret 2018 yang didampingi dengan 4 dosen. Tujuan karantina adalah memudahkan dalam mengkoordinasi serta mengurangi resiko buruk jika berangkat dari rumah. Selain itu, semua peserta dapat belajar dengan fokus dan nyaman sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kegiatan disana adalah belajar bersama hingga sampai pada hari seleksi, yaitu pada hari Rabu, 21 Maret 2018. Lokasi lomba di UNIPA Surabaya (Universitas Adi Buana Surabaya) yang beralamatkan di Jl. Menanggal.

Pada hari pertama, dilakukan pembukaan mulai pukul 08.00, sedangkan seleksi dimulai pukul 09.00 yang terdiri dari 2 sesi. Setiap sesi durasinya 2 jam. Pada hari pertama, bidang yang diujikan adalah Kimia Analitik dan dilanjutkan dengan Kimia Organik. Soal yang diujikan merupakan soal essay. Acara ini diikuti oleh seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di propinsi Jawa Timur.

Sesi pengerjaan soal telah usai, dan peserta dari UNESA kembali digiring menuju homestay. Meski hanya duduk dan mengerjakan soal, tetapi kegiatan tersebut sangatlah melelahkan karena rasanya tenaga terkuras habis untuk berfikir. Dan acara setelah kembali sampai di homestay adalah istirahat dan makan siang. Untuk bidang kimia sendiri, belajar bersama kembali dilaksanakan ketika pukul 17.15 karena pada jam itu semua anggota telah beristirahat dan bersih diri. Belajarpun kembali menjadi aktivitas primer. Hal tersebut dilakukan agar bisa menghasilkan yang terbaik utnuk UNESA.

Keesokan harinya, semua tim UNESA check out sebelum berangkat menuju  ke UNIPA karena hari ini adalah hari terakhir seleksi. Sesi pertama adalah Kimia Anorganik dan dilanjutkan Kimia Fisika pada sesi kedua. Dengan bekal yang sudah diberikan dosen pembimbing dan yang telah dipelajari bersama, semua mengerjakan dengan semaksimal mungkin. Dan Alhamdulillah tespun segera berlalu. Semua peserta kembali ke UNESA dan mengikuti rutinitas seperti semula sebagai mahasiswa yang mengemban banyak tugas karena tugas telah menanti.

 

Kemenangan memang penting, tetapi pengalaman juga sangatlah penting. Dengan adanya pengalaman, kami bisa mendapatkan pelajaran berharga. Kami bisa mengetahui materi-materi yang seharusnya kami pelajari setelah mengikuti kegiatan ini sehingga kelak bisa ada kemajuan. Terimakasih atas kesempatan yang diberikan. Semoga bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Leave a Comment