KOMPETISI DEBAT MAHASISWA INDONESIA

debat

KDMI adalah lomba debat tingkat nasional yang menggunakan bahasa Indonesia. Lomba debat antar perguruan tinggi menjadi bagian penting dari kompetisi di era global. Lomba debat ini menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa yang baik dan kemampuan berargumentasi. Kemampuan bahasa yang baik akan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat internasional. Sedangkan kemahiran dalam berargumentasi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan faktual.

Universitas Negeri Surabaya ingin ikut serta berpartisipasi dalam KDMI, dengan mengusung 1 tim sebagai perwakilan Unesa di tingkat regional. Untuk tahapannya, Universitas Negeri Surabaya mengadakan seleksi KDMI dari tingkat Fakultas dan Universitas. Untuk kesempatan kali ini, perwakilan dari jurusan Kimia yaitu Fajar Wisnu Pambudi ikut serta dalam seleksi KDMI tingkat Fakultas. Seleksi KDMI tingkat fakultas dilaksanakan hari Rabu tanggal 14 Maret 2018 tempat di ruang rapim D1 FMIPA Unesa. Terdapat 1 perwakilan dari tiap-tiap jurusan di FMIPA, ada 5 jurusan di FMIPA Unesa yaitu Jurusan Kimia, Matematika, Biologi, Fisika dan Sains, sehingga yang ikut serta dalam seleksi ini yaitu 5 orang dari tiap jurusan. Seleksi dimulai pukul 08.00 WIB dengan mekanisme awal menggunakan kertas yang telah ditulis angka 1, angka 2 dan freepass. Dengan penjelasan akan dibentuk 2 tim, yaitu angka 1 sebagai tim pro, angka 2 sebagai tim kontra dan yang mendapat freepass akan langsung lolos ke babak selanjutnya.

Dalam tahapan pertama, akan di eliminasi 1 perwakilan dari jurusan. Untuk tahapan seleksi pertama, perwakilan jurusan Kimia dan Biologi sebagai tim pro, dan jurusan Matematika dan Sains sebagai tim kontra. Untuk aturan debat, dimana pemaparan gagasan selama 7 menit baik dari tim pro dan tim kontra. Dan untuk memberikan tanggapan dari pemaparan dari tiap-tiap tim diberikan waktu selama 4 menit. Seleksi tahap 1 selesai, dengan hasil perwakilan Jurusan Kimia, Biologi dan Matematika lolos untuk seleksi tahap 2, dengan perwakilan dari jurusan sains ter-eleminasi pada tahap ini. Selanjutnya pada seleksi tahap 2, perwakilan dari jurusan Kimia dan Biologi sebagai tim kontra, untuk jurusan Matematika dan Fisika sebagai pengganti perwakilan jurusan Sains sebagai tim pro. Untuk aturan nya sama seperti seleksi tahap 1 dan akan diusung 3 orang sebagai perwakilan dari FMIPA. Pada tahapan seleksi Fakultas, selesai pukul 12.35 WIB dengan pemenang yaitu juara 1 dari perwakilan Biologi atas nama Bil Bila Ade Laila, juara 2 dari perwakilan Kimia atas nama Fajar Wisnu Pambudi, dan juara 3 dari perwakilan Matematika atas nama Gusti Uripno.

Dari pemenang – pemenang tersebut menjadi perwakilan dari FMIPA untuk seleksi ditingkat Universitas. Seleksi di tingkat Universitas dilaksanakan hari Senin tanggal 19 Maret 2018 tempat di auditorium gedung rektorat Unesa.  Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan mekanisme yang tak jauh berbeda dengan seleksi tingkat Fakultas. Terdapat 8 tim dari tiap Fakultas, yaitu FISH ada 2 tim, FMIPA, FIK, FBS, FT, FE, dan FIP. Dengan 4 babak yang akan dilaksanakan yaitu pra eliminasi 1, pra eliminasi 2, semi final dan final. Pra eliminasi 1 tim dari FMIPA bertemu dengan FISH (tim swing) dengan tim FMIPA sebagai tim pro. Dengan pemaparan gagasan mengenai mosi selama 7 menit dan dilanjutkan langsung memberikan kesimpulan selama 4 menit. Pada tahap ini tim dari FMIPA dinyatakan menang terhadap tim FISH. Dilanjutkan ke babak Pra Eliminasi 2 dimana tim FMIPA bergantian sebagai tim kontra dan berhadapan dengan FE sebagai tim pro.

Pengumuman yang lolos akan diambil 4 tim dengan sistem peringkat. Untuk tim yang lolos ke babak semi final adalah peringkat 1 tim dari FISH, peringkat 2 tim dari FE, peringkat 3 tim dari FT dan peringkat 4 dari FBS. FMIPA berada pada peringkat 5 sehingga tidak lolos ke babak semi final. Meskipun tidak lolos tim dari FMIPA telah memberikan yang terbaik untuk seleksi KDMI tingkat Universitas. Harapannya tim dari FMIPA, khususnya dari jurusan Kimia bisa menjadi perwakilan kembali sebagai tim untuk KDMI tahun berikutnya dan bisa lolos seleksi ke tingkat regional mewakili Unesa. Tidak hanya itu, diharapkan juga teman-teman mahasiswa Unesa khususnya Jurusan Kimia untuk lebih aktif lagi mengikuti berbagai ajang perlombaan dan kegiatan kemahasiswaan lainnya dalam tingkat jurusan, fakultas, universitas, nasional dan internasional.

Leave a Comment